Ciri-Ciri Pubertas Anak Perempuan

Setiap tumbuh dan kembang manusia memiliki banyak perubahan, seperti pada anak perempuan. Ciri pubertas anak perempuan bisa ditandai dengan beberapa tanda fisik yang berbeda dari sebelum pubertas hingga selesai. Bahkan ciri-ciri ini juga harus dipahami orang tua untuk membantu anak dalam menghadapi perubahan pada tubuhnya.

Ciri-ciri Pubertas Anak Perempuan

Berikut ini ciri-ciri pubertas anak perempuan yang akan dihadapi hingga menuju tahap remaja atau dewasa.

Peran orang tua untuk mengajarkan dan memberitahu apa yang harus dilakukan anak perempuan pada saat pubertas adalah hal yang penting agar tidak melewatkan momen tumbuh kembangnya.

Haid

Haid atau menstruasi adalah tanda ciri-ciri pubertas anak perempuan yang dialami dan bisa menandakan sudah dewasa. Keadaan ini terjadi saat anak perempuan mengeluarkan darah dari vagina karena tidak dibuahi.

Jika anak perempuan sudah mengalaminya, orang tua harus memberi pengertian untuk hati-hati dalam bergaul dengan lawan jenis.

2. Payudara mulai tumbuh

Ciri fisik yang anak perempuan alami saat mengalami pubertas adalah payudara mulai tumbuh. Saat tumbuh, anak perempuan kadang merasakan nyeri di bagian dada. Tetapi hal tersebut akan hilang seiring berjalannya waktu.

3. Pinggul membesar

Pinggul membesar juga bisa menandakan sebagai ciri-ciri pubertas anak perempuan pada bagian fisik yang terlihat. Hal ini bisa mempengaruhi pada bentuk tubuh anak perempuan.

4. Perubahan emosi

Perubahan emosi bisa dianggap sebagai ciri pubertas pada anak perempuan karena pengaruh haid.

Selain itu, emosi yang kadang naik dan turun bisa membuat anak perempuan mudah emosi dan timbul jerawat di wajah. Hal ini bisa muncul karena pengaruh hormon dan kelenjar minyak yang lebih aktif sehingga jerawat mudah muncul.

5. Tumbuh rambut di area tertentu

Saat anak wanita sedang mengalami masa pubertas, biasanya tumbuh rambut di area kemaluan yang bisa diawali dengan rambut halus. Selain itu, rambut juga bisa tumbuh di bagian ketiak yang ditandai dengan rasa gatal.

Orang tua yang memahami ciri-ciri pubertas anak perempuan bisa memberikan keterbukaan dengan buah hati untuk menceritakan pengalaman mereka saat pertama kali menghadapinya.

Orang tua akan membantu anak untuk bersikap stabil dan mengatur emosi serta kekhawatiran anak atas perubahan yang terjadi.

 

Related Posts

One thought on “Ciri-Ciri Pubertas Anak Perempuan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.