Mengenal Metode Kaizen, Filosofi Produktivitas Ala Jepang

Mengenal metode Kaizen, filosofi produktivitas ala Jepang yang bisa memberikan hal positif dalam kehidupan. Dalam metode Kaizen memiliki arti dalam perbaikan yang dilakukan secara cepat dan terus menerus. Tujuannya untuk melakukan perkembangan ke arah yang lebih baik dalam pekerjaan.

Metode Kaizen memberikan nilai praktis dalam proses bisnis yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dalam produk. Sehingga dalam implementasinya, medote ini dapat digunakan dalam proses bisnis yang lebih efektif.

Pengertian Metode Kaizen

Mengenal metode Kaizen, filosofi produktivitas ala Jepang merupakan suatu penerapan untuk berubah ke arah yang lebih positif dalam pekerjaan. Arti kata Kaizen yang memiliki arti perbaikan atau proses pasokan yang lebih baik. Dalam penerapannya ada lima prinsip dari Kaizen yang harus dipahami.

1. Know your customer

Ketahui siapa customer yang menjadi targer dalam mengindetntifikasi apa yang diinginkan pelanggan. Sehingga akan terciptanya suatu nilai untuk menambah pengalaman bagi mereka.

2. Let It Flow

Dalam menciptakan suatu nilai maka harus mencapai tujuan dengan peningkatan yang dimiliki. Tetapi jika capaian tersebut sudah dapat, peningkatan yang dilakukan akan mulai terhenti. Pada penerapan Kaizen, peningkatan harus selalu dilakukan sehingga tetapkan nilai mencapai nol agar terus melakukan perbaikan.

3. Go to Gemba

Gemba memiliki arti tempat yang sebenarnya dan dapat diartikan sebagai pengenalan dalam bagian organisasi yang dimiliki.

4. Empower People

Dalam proses peningkatan, metode Kaizen akan memberikan kepemimpinan untuk membantu sesame tim dalam mencapai tujuan. Sehingga dalam bisnis Kaizen akan mendapatkan organisasi yang saling menyemangati.

5. Be Transparent

Dalam menentukan peningkatan, perlu adanya data yang transparan. Sehingga metode ini akan memberikan kinerja berdasarkan data nyata yang didapatkan. Memahami metode Kaizen dengan baik akan melibatkan banyak orang dalam organisasi yang dimiliki. Terlibatnya organisasi meliputi, karyawan, masalah dan penyelesainnya, pengujian, hingga menganalisis hasil yang didapatkan.

Dalam mengenal metode Kaizen, filosofi produktivitas ala Jepang manfaat implementasi yang dirasakan pada organisasi adalah keterlibatan antara semua pihak sehingga saling membutuhkan. Menemukan kondisi yang nyaman dengan orang yang mendukung menjadi kelebihan yang dimiliki metode Kaizen dalam penerapannya di organisasi.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *